Tekanan Darah Tinggi Akibat Stres

Tekanan Darah Tinggi Akibat Stres

Tekanan Darah Tinggi Akibat Stres,- Banyak yang  mengatakan jika stress dapat  meningkatkan tekanan darah tinggi.  Hal tersebut memang benar adanya,  namun stress bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan hipertensi.  Terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan hipertensi, diantaranya adalah obesitas, masalah  pembuluh darah, genetik atau  keturunan, dan sebagainya.

Stres merupakan hal yang lumrah kita  alami dalah kehidupan yang dapat  dipicu oleh beberapa hal, baik  pekerjaan maupun keluarga. Stres  adalah sesuatu yang normal, namun  dapat membahayakan jika kita tidak  bisa menanganinya dengan baik.

Stres dan hipertensi memang sudah  lama dianggap saling berhubungan,  walaupun mekanisme tekanan darah tinggi akibat stres belum diyakini secara pasti  oleh para ahli. Pada saat stres tubuh meningkatkan produksi hormon stres,  yaitu kortisol dan adrenalin yang dapat  meningkatkan konerja jantung dan  menyebabkan penyempitan kapiler  darah tepi. Selain itu, gejala stres seperti sakit kepala, insomnia, sembelit,  dl. juga dapat berpengaruh terhadap  kesehatan secara menyeluruh. Stres  juga sering menyebabkan orang  berperilaku yang tidak sehat, seperti  makan berlebihan, berhenti  berolahraga, merokok, minum alkohol,  dan sebagainya. Semua hal tersebut dapat berpengaruh pada obesitas dan  masalah pembuluh darah, Sehingga  secara tidak langsung stres berkaitan  dengan masalah hipertensi.

Stres sendiri merupakan salah satu  faktor risiko hipertensi, apalagi jika  telah mengidap hipertensi. Stres yang  tidak teratasi juga dapat memperburuk  kondisi tekanan darah. Namun, jika  stres dapat diatasi, maka dapat  meringankan resiko hipertensi. Berikut  beberapa cara yang dapat dilakukan  untuk mengatasi stres, diantaranya :
  • Memperbaiki pola makan dan hindari  konsumsi alkohol.
  • Tenangkan diri sendiri, lakukan  penanganan psikis.
  • Lakukan aktivitas fisik dan olahraga  secara teratur selama 30 sampai 60  menit setiap hari.
  • Lakukan relaksasi, seperti meditasi  atau yoga, mendengarkan musik, pergi  berlibur, dan lain-lain.
  • Kurangi penyebab stres. Misalnya buatlah sebuah catatan atau program di tempat kerja agar pekerjaan dapat dilakukan secara teratur.
  • Instropeksi diri atau lakukan  pendekatan secara rohani.
  • Tidur yang cukup.

Itulah beberapa tips yang dapat  dilakukan untuk mengontrol dan  mengatasi stres Anda. Semoga informasi tekanan darah tinggi akibat  stress diatas dapat bermanfaat.

Sumber: Tekanan Darah Tinggi Akibat Stres

Baca Juga: Bahaya Penyakit Hipertensi Yang Tidak Terkontrol